Danramil 1627-03/Batutua Inspektur Upacara, Sang Saka Merah Putih Berkibar di Pulau Ndao

ROOLNEWS • Momentum detik-detik peringatan Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia bertempat di Pulau Ndao, Kecamatan Ndao Nuse, Kabupaten Rote Ndao, Sabtu pagi (17/8) berjalan secara khidmat. Sang saka merah putih berkibar di bawah cerahnya matahari.

Pulau Ndao adalah sebuah pulau kecil yang terletak di perairan sebelah barat Pulau Rote.

Pantauan media, sepanjang pelaksanaan upacara, dari mulai pembukaan, detik-detik proklamasi, pengibaran bendera merah putih hingga pembubaran pasukan, berjalan dengan lancar dan khidmat.

Bertindak selaku Inspektur Upacara (Irup) Kapten Inf Nerson Baitanu yang keseharianya menjabat sebagai Komandan Koramil (Danramil) 1627-03/Batutua juga membacakan sambutan tertulis Bupati Rote Ndao Paulina Haning-Bullu, SE.

Kapten Inf Nerson Baitanu mengatakan dalam menyongsong perayaan HUT RI tersebut, Danramil 1627-03/Batutua juga menyelenggarakan beberapa perlombaan menarik bagi masyarakat dan anak anak sekolah dengan memberikan hadiah hadiah hiburan bagi anak anak sekolah sebagai generasi penerus bangsa dan negara untuk dapat membangkitkan semangat dan motivasi juang dan rasa cinta tanah air dalam menjaga keutuhan Bangsa dan Negara.

Selain itu, pihaknya juga memberikan pemahaman bagi siswa/siswi tentang wawasan kebangsaan dengan materi tentang Empat pilar kebangsaan yakni “Pancasila, UUD 1945, BHINEKA TUNGGAL IKA dan NKRI”.

Penjabat Kepala Desa Mbali Leneiki, Asahel Lende mengapresiasikan pihak TNI dari Koramil 1627-03/Batutua  dan Polri yang hadir dalam HUT RI ke-74 bersama-sama dengan warga di Pulau Ndao.

“terima kasih karena  komunikasi yang baik selama ini warga Menjelang HUT RI yang ke 74, dapat mendirikan bendera merah putih di depan rumahnya masing-masing termasuk gapura desa yang ada di sini, sebagai bentuk belah Negara,” kata Asahel.

Upacara ini dihadiri oleh seluruh peserta upacara yang terdiri dari unsur TNI dari Koramil 1627-03/Batutua, unsur ASN Kecamatan, Puskesmas, para guru, siswa/siswi tingkat SMA/SMP/SD dan TK serta seluruh masyarakat se-Kecamatan Ndao Nuse. (*/if/rn)