Pelaku UMKM Perempuan di Rote Ndao Dibekali Pelatihan Tata Boga dan Kerajinan Tangan

BA’A, ROOLNEWS.ID – Puluhan pelaku UMKM perempuan dari berbagai kelompok di Kabupaten Rote Ndao mengikuti pelatihan kewirausahaan dan keterampilan teknis, 11 hingga 13 Juli 2024. Pelatihan yang diinisiasi Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah (UKM), Perindustrian, dan Perdagangan (Perindagkop) Kabupaten Rote Ndao ini berlangsung di Hotel Videsy Baa.

Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas sumber daya manusia (SDM) dan mengatasi kemiskinan ekstrem melalui pemberdayaan pelaku UMKM lokal. Para peserta dibekali keterampilan tata boga dan kerajinan tangan seperti menenun dan merajut.

Kepala Dinas Koperasi UKM, Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Rote Ndao, Johni Manafe, saat membuka acara mewakili Penjabat (Pj) Bupati Rote Ndao,  menyampaikan dukungan pemerintah daerah terhadap kemajuan dan kemandirian perempuan.

“Pemerintah Kabupaten Rote Ndao senantiasa mendukung setiap kelompok perempuan untuk semakin maju dan terampil. Kemandirian perempuan  berkontribusi positif bagi kehidupan rumah tangga dan pembangunan SDM di Kabupaten Rote Ndao,” ujar Johni.

Pelatihan ini menghadirkan narasumber profesional bersertifikat kompetensi, yaitu Hany Fanggidae, SH, yang membagikan ilmunya tentang tata boga dengan memanfaatkan sumber daya lokal. Sementara Yetti Febri Naema Killa melatih tentang teknik menenun dan merajut bunga serta aksesoris. (js)