Kabupaten Rote Ndao Raih Penghargaan 100% RME Puskesmas Terintegrasi Satu Sehat

Pj. Bupati Rote Ndao Oder Maks Sombu, SH,MA,MH menerima piagam penghargaan dari Kepala BKPK Kemenkes Syarifah Liza Munira, SE,MPP,Ph.D.

ROOLNEWS.ID – Kabupaten Rote Ndao menerima penghargaan atas pencapaian 100 persen Rekam Medis Elektronik (RME) Puskesmas yang terintegrasi dengan platform Satu Sehat. Penghargaan dari Kementerian Kesehatan RI ini diserahkan langsung oleh Kepala Badan Kebijakan Pembangunan Kesehatan (BKPK), Syarifah Liza Munira, kepada Penjabat Bupati Rote Ndao, Oder Maks Sombu, pada Rapat Kerja Kesehatan Daerah (Rakerkesda) Tingkat Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) tahun 2024 di Kupang, Selasa (25/06/2024).

Rakerkesda yang mengangkat tema “Penguatan Implementasi Transformasi Layanan Kesehatan dalam Pencapaian Penerapan Standar Pelayanan Minimal Bidang Kesehatan Menuju Indonesia Emas Tahun 2045” ini dibuka oleh Penjabat Gubernur NTT, Ayodhia G.L. Kalake. Selain penyerahan penghargaan, acara ini juga diisi dengan penyampaian materi oleh Kepala BKPK Kemenkes tentang strategi penyediaan layanan kesehatan yang berkualitas dan mudah diakses masyarakat.

Dalam sambutannya, Ayodhia Kalake berharap Kemenkes terus mendukung peningkatan kualitas kesehatan di NTT. Ia menekankan pentingnya Rakerkesda sebagai forum merumuskan perencanaan dan arah kebijakan kesehatan di provinsi tersebut. “Rakerkesda menunjukkan komitmen kita dalam menjalankan tanggung jawab di bidang kesehatan untuk membangun sumber daya manusia NTT yang sehat, cerdas, dan berkualitas,” ujarnya.

Penghargaan RME Puskesmas Terintegrasi Satu Sehat diberikan kepada 12 Kabupaten/Kota di NTT. Program RME yang terintegrasi dengan platform Satu Sehat merupakan inovasi digitalisasi layanan kesehatan yang digagas Kemenkes untuk meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan bagi masyarakat.

(Editor: rn | Foto: (Bidkom) DKISP Rote Ndao/Prokopim)