Komunitas Au Sue Nusa Lote Bersihkan “Batu Pintu” Pantai Oeseli

roolnews.ID, OESELI • Puluhan pemuda yang tergabung dalam komunitas Au Sue Nusa Lote di Rote Ndao, Provinsi Nusa Tenggara Timur, menggelar kegiatan membersihkan objek wisata Batu Pintu di Oeseli, Kecamatan Rote Barat Daya, Minggu (30/10/2016) sore tadi, dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda.

oeseli-beachKoordinator kegiatan, Dewi Talomanafe kepada ROOL mengatakan, dipilihnya Batu Pintu Pantai Oeseli sebagai lokasi kegiatan dikarenakan pantai tersebut merupakan salah satu tujuan ikon destinasi wisata di Rote Ndao.

“kita pilih lokasi ini karena Batu Pintu Pantai Oeseli merupakan salah satu objek wisata di Rote Barat Daya, dimana, selama ini pinggiran pantai tersebut banyak sampah, makanya kita memilih lokasi ini sebagai pusat kegiatan kita,” ujarnya.

Sebutnya, sampah-sampah tersebut berasal dari bekas bawaan pengunjung di sepanjang bibir pantai.

sampah-oeseli“kami berhasil mengumpulkan puluhan kantung sampah yang kebanyakan adalah sisa makanan dan minuman, botol air mineral, dari pengunjung,” tambahnya.

Lanjut Dewi, selain memungut sampah, pihaknya juga memberikan penyadaran kepada pengunjung dan masyarakat sekitar untuk tidak membuang sampah sembarangan.

“kami berterimakasih atas dukungan semua pihak.  Harapannya kedepan selain komunitas dan para relawan, pemerintah juga harus bisa lebih pro aktif untuk menyediakan tempat sampah di ruang publik dan papan informasi kepada masyarakat disekitar objek wisata,” katanya.

Sebelumnya, komunitas Au Sue Nusa Lote juga melakukan pembersihan sampah di lokasi wisata Tiang Bendera, Minggu (16/10/2016) pekan lalu.

Pantauan,  sebanyak 76 relawan yang tergabung dalam kegiatan tersebut antara lain, dari Komunitas Au Sue Nusa Lote, Pemuda Gereja Bethania Oemilan, Amazing Grace Class, komunitas motor Vixion dan matic. Mereka mulai melaksanakan kegiatan pukul 15.00 WITA, para relawan tersebut memungut sampah di sepanjang bibir pantai Batu Pintu, Oeseli, terutama di tempat yang ramai pengunjungnya.


(dewi/rn01)

SaveSaveSave