Pegawai dan WBP Lapas Kelas III Ba’a Bebas Narkoba

Kalapas Kelas III Ba'a Daniel Saekoko (keempat dari kanan) didampingi Kepala BNNK Rote Ndao Bogie Setia Perwira Nusa (tengah), foto bersama dengan jajaran, sebelum dilaksanakan kegiatan tes urine, di aula Lapas setempat, Rabu (06/10/21). Foto: Dok.ROOLNews

ROOLNews—Hasil tes urine yang dilakukan tim dokter dan 12 petugas Badan Narkotika Nasional (BNN) Kabupaten Rote Ndao, 29 pegawai dan 81 Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas III Ba’a hasilnya negatif, sehingga dapat dikatakan Lapas Kelas III Ba’a Bersih dari Narkoba.

Demikian disampaikan Kepala Lembaga Pemasyarakatan (Kalapas) III Ba’a Daniel Saekoko kepada roolmedia.user.cloudsg01.com, Rabu (06/10/2021) siang, usai kegiatan tes urine di Lapas tersebut.

Menurut Saekoko, pihaknya bekerja sama dengan BNN Kabupaten Rote Ndao, kembali menggelar tes urine di aula Lapas Kelas III Ba’a, sekitar pukul 09.00 Wita. Di mana tes urine tersbut diikuti 29 orang pegawai (termasuk dirinya), serta 81 WBP Lapas Kelas III Ba’a.

Dijelaskan Saekoko, kegiatan tes urine merupakan upaya serius sebagai bentuk komitmen mencegah penyalahgunaan narkoba serta memberantas narkoba di lingkungan Lapas Kelas III Ba’a.

“Kegiatan tes urine ini merupakan kerja sama dengan BNNK Rote Ndao yang telah dilaksanakan beberapa kali. Kegiatan ini merupakan komitmen jajaran Lapas Ba’a dalam rangka mencegah penyalahgunaan narkoba sekaligus memberantas narkoba di lingkungan Lapas,” ujarnya.

Ia mengapresiasi BNNK Rote Ndao yang telah mendukung pelaksanaan kegiatan tes urine di lingkungan Lapas, sekaligus memberikan sosialisasi dan ajakan kepada seluruh pegawai dan WBP untuk terus berkomitmen dan mendukung dalam memerangi narkoba.

Saekoko berharap adanya tes urine kepada pegawai dan WBP yang telah dilakukan beberpa kali ini, dapat mencegah terjadinya penyalahgunaan narkona di lingkup Lapas Kelas III Ba’a.

Kepala BNNK Rote Ndao Bogie Setia Perwira Nusa mengatakan, tes urine tersebut merupakan kolaborasi BNNK Rote Ndao dengan Lapas Kelas III Ba’a. Di mana, kegiatan tersebut merupakan salah satu dukungan terhadap Program Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN), yang juga menjadi Prioritas Nasional, yakni War On Drugs atau perang melawan Narkoba.

“Kami menyambut baik komitmen dan upaya Lapas Kelas III Ba’a dalam berperang melawan narkoba. Melalui program P4GN dan Pelaksanaan Tes Urine ini, Lapas Kelas III Ba’a telah menjalankan Kewajiban sesuai Instruksi Presiden Nomor 2 Tahun 2020,” tutupnya. (team)