Ratusan Umat Muslim Shalat Ied di Pelabuhan Ba’a

roolnews.ID, Ba’a • Ratusan umat Muslim melaksanakan Shalat Idul Adha 1437H di Pelabuhan Ba’a, Namodale, Senin (12/9/2016). Nuansa khas pelabuhan menjadi keunikan tersendiri saat Shalat Ied di tempat ini.

Lokasi ini menjadi tempat penyelenggaraan Shalat Idul Adha (Ied) dari tahun ke tahun dan selalu dipadati oleh jamaah.

Ketua MUI Rote Ndao, Ahmad P. Koso sejumlah awak media usai shalat mengatakan makna perayaan Idul Adha yaitu mampu menghindari perbuatan yang maksiat dalam kehidupan diri, berusaha untuk menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dan menghargai perbedaan.

“yang paling ditekankan yaitu berkurban yang mana berarti menghayati hakekat sebenarnya dari pengorbanan Nabi Ibrahim,” ujarnya.

Pelaksanaan Shalat Ied selain dilakukan di Kota Ba’a, juga di masing- masing masjid di setiap kecamatan. Ia menambahkan terdapat sebelas masjid di Rote Ndao, sembilan diantaranya melaksanakan Shalat di masjid masing- masing sedangkan dua masjid di Kota Ba’a berpusat di pelataran parkir Pelabuhan Ba’a.

Sementara itu, Ketua Panitia Kurban, Mukhtarudin Ali mengatakan untuk pembagian daging kurban, dilaksanakan pada masing- masing masjid sedangkan untuk Kota Ba’a di Dermaga Lama Ba’a dan Masjid Annur dengan total hewan kurban, sapi sebanyak 13 ekor dan kambing sebanyak 86 ekor.

(rn01)