Kepala BKN Kunjungan Kerja di Rote Ndao

ROOL • Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN), Bima Haria Wibisana bersama jajarannya mengujungi Kabupaten Rote Ndao, Kamis (25/3/2021). Kunjungan ini dalam rangka melakukan pemantauan sekaligus melihat langsung kondisi Aparatur Sipil Negara (ASN) di daerah tersebut. 

Bima Haria Wibisana didampingi Kepala Kanreg X BKN Denpasar Paulus Dwi Laksono, Kabag TU Kanreg X BKN beserta staf, Manajer Umum PT Taspen Kupang beserta staf, disambut Bupati Rote Ndao Paulina Haning Bullu, Forkopimda, Sekda Rote Ndao Jonas M Selly, para asisten, sejumlah pimpinan OPD, di Bandar Udara David Constantijn Saudale, Kamis (25/3) sore. Selanjutnya rombongan tersebut bertolak menuju Kantor Bupati Rote Ndao untuk melakukan pencetakan tapak kaki di Taman Tapak Kaki Kabupaten Rote Ndao.

Kepala BKN Bima Haria Wibisana ketika ditanya wartawan mengatakan, tujuan kedatangannya ke Rote Ndao adalah untuk menyerahkan beberapa Surat Keputusan (SK) dan menyampaikan pertimbangan teknis untuk tenaga kontrak dan pensiun.

Terpisah, Kepala Badan Kepegawaian, Pendidikan, dan Pelatihan (BKPP) Kabupaten Rote Ndao Meilon B Sula menjelaskan, Kepala BKN dan Kepala Kanreg X BKN akan melaksanakan kunjungan kerja di Rote Ndao, 25-27 Maret 2021.

Menurutnya, agenda hari ini (Jumat, 26 Maret), adalah audiens dengan Bupati Rote Ndao sekaligus menyerahkan SK Pensiun, dan menyampaikan pertimbangan teknis terkait dengan usulan kenaikan pangkat dan usulan pensiun ASN di Rote Ndao, serta kuota CPNSD. Sementara tim dari Kanreg X BKN Denpasar, kata dia, sejak setelah melaksanakan kegiatan sosialisasi tentang Aturan Kepegawaian, sosialisasi dilakukan melalui virtual kepada OPD-OPD, juga dilakukan secara tatap muka kepada perwakilan dari lima OPD besar, yakni Dinas Pendidikan, Kepemudaaan, dan Olahraga (PKO), Dinas Kesehatan, Inspektorat, Dinas Pertanian, dan Sekretariat DPRD.

Menurut Sula, diakhir kegiatan tersebut bakal dilaksanakan Focus Group Discussion (FGD) terkait permasalahan-permasalahan yang dialami oleh ASN di masing-masing OPD. Sehingga dibuka ruang seluas-luasnya bagi para ASN untuk dapat berkonsultasi terkait permasalahan kepegawaian yang dihadapi di masing-masing OPD.

BKN Kanreg X Denpasar Sosialisasi P2K Kepada PNS Rote Ndao

Badan Kepegawaian Negara Kantor Regional X Denpasar menyosialisasikan Peningkatan Pelayanan Kepegawaian (P2K) kepada Pegawai Negeri Sipil (PNS) di Kabupaten Rote Ndao. Sosialisasi yang berlangsung di Aula Lantai Tiga Kantor Bupati Rote Ndao, 25-26 Maret 2021 ini dilakukan secara luring dan daring. Sebanyak lima pimpinan Perangkat Daerah dan Pejabat Pengelola Kepegawaian yakni Inspektorat, Dinas Perikanan, Sekretariat DPRD, Dinas Kesehatan dan Dinas PKO mengikuti secara luring di Aula Kantor Bupati, sementara pimpinan Perangkat Daerah dan staf lainnya mengikuti secara daring melalui aplikasi zoom meeting.

Sekretaris Daerah Kabupaten Rote Ndao,Drs. Jonas Selly,M.M, dalam arahannya meminta kepada peserta sosialisasi untuk mengikuti kegiatan sosialisasi yang berlangsung dua hari ini agar dapat mengakses berbagai informasi dan regulasi terkait kepegawaian dan melanjutkan kepada PNS lainnya.

“Sosialisasi ini sangat urgen dan kompherensif karena itu harus diikuti dari awal hingga akhir” tegas Sekda, Jonas Selly.

Materi sosialisasi yang disampaikan oleh Kepala Bidang Mutasi BKN Kanreg X, Aryanto dan kawan-kawan adalah: Manajemen PNS, Pemberhentian PNS,Mutasi PNS,Penilaian Kinerja PNS, Implementasi Merit Sistem dan Aktualusasi Data Kepegawaian.

Pada hari terakhir sosialisasi, Jumat, 26 Maret 2021 akan berlangsung Focus Discusion Grup untuk membahas berbagai permasalahan kepegawaian yang ditanyakan oleh peserta sosialisasi. (*/j01/ersu)