Bupati Rote Ndao Tinjau Longsor dan Lokasi Pasca Banjir di Batefalu

ROOL NEWS • Bupati Rote Ndao Paulina Haning-Bullu dan Wakil Bupati Stefanus M Saek didampingi Kabag Umum Handryans Bessie bersama rombongan meninjau langsung lokasi pasca banjir dan longsor di Desa Batefalu Kecamatan Rote Timur, Rabu (20/1/2021) pagi.

Hujan deras yang mengguyur di Desa Batefalu Kecamatan Rote Timur, Rote Ndao, pada Selasa (19/1/2021) kemarin, membuat sejumlah rumah warga terendam banjir. Ada 46 rumah warga di desa Batefalu, diantaranya di dusun Lokodela, dusun Ufa, dusun Batula dan dusun Fukadale, yang terdampak.

Pelaksana Tugas Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Diksel Haning mengatakan, banjir genangan yang masuk ke rumah warga terjadi akibat tingginya intensitas hujan. “Hujannya mulai pukul 06.00 WITA hingga 18.00 WITA, cukup lebat. Sehingga 46 rumah warga terendam banjir. Namun air cepat surut tak lebih 3 jam.” kata Diksel.

Lanjutnya, setelah tim reaksi cepat Penanggulangan Bencana Badan Penanggulangan Bencana Daerah mendapat informasi dari warga, Selasa, kemarin. Pihaknya segera mengecek kondisi di lapangan.

Selain banjir, pihaknya juga mengecek longsor di bahu jalan sepanjang 21 meter di Dusun Ufa Desa Batefalu. Bahkan, ada dua rumah warga yang terancam ikut longsor karena jaraknya berdekatan.

“bantuan Logistik bagi Warga yang terdampak juga sudah diberikan.” Kata Diksel kepada ROOL.

Seiring terjadinya musim penghujan, curah hujan yang tinggi, Bupati Rote Ndao Paulina Haning-Bullu dalam kesempatan tersebut meminta agar masyarakat waspada dan siap mengantisipasi adanya bencana banjir dan longsor.

“intensitas hujan tinggi jadi masyarakat harus berhati-hati. Bencana itu sewaktu-waktu ada, jadi waspada.” Pesan Paulina.

Untuk penanganan kedepan dan mengantisipasi banjir yang sering terjadi jika curah hujan tinggi, lanjut Bupati, Pemerintah bakal membangun drainase atau saluran air dan tembok penahan tanah untuk menahan tanah agar tidak runtuh atau longsor ke rumah warga.

Terlihat berada di lokasi terdampak, selain Kepala BPBD Kabupaten Rote Ndao dan jajarannya, pihak Dinas PUPR Kabupaten Rote Ndao, Satpol PP Kabupaten Rote Ndao dan Pj Kepala Desa Batefalu beserta perangkatnya. (rnd)