LCC Sadar Hukum Digelar, SMK Negeri 1 Rote Barat Raih 1190 Poin

ROOLNEWS (VIDEO) • Dalam rangka meningkatkan kesadaran hukum di masyarakat, Pemerintah Kabupaten Rote Ndao melalui Bagian Hukum dan Perundang-Undangan Sekertariat Daerah (Setda) Kabupaten Rote Ndao menggelar Lomba Cerdas Cermat Sadar Hukum (LCC Darkum) di Auditorium Ti’i Langga, Rabu (24/7/2019).

Kepala Bagian Hukum dan Perundang-Undangan Hangry M. J. Mooy, SH, M.Si selaku pihak penyelenggara, menuturkan LCC Darkum dimaksudkan sebagai salah satu bentuk penyuluhan yang persuasif dan edukatif yang melibatkan unsur masyarakat desa kelurahan dan pelajar.

“tentunya ini juga mewujudkan kesadaran dan ketaatan hukum, setiap anggota masyarakat menyadari dan menghayati kewajibannya sebagai warga negara dalam mewujudkan budaya taat Hukum dan bersikap sadar, patuh dan taat terhadap peraturan perundang-undangan serta menghormati hak asasi manusia,” Jelas Hangry.

Adapun untuk materi lomba meliputi tentang pemberantasan tindak pidana perdagangan orang, informasi dan transaksi elektronik., lalu lintas dan angkutan umum., Sistem Peradilan Pidana Anak., narkotika, dan tentang pemberantasan tindak pidana terorisme menjadi undang-undang.

“LCC Darkum hari ini diikuti oleh 13 regu yang berasal dari perwakilan kategori masyarakat dari 6 desa dan perwakilan kategori pelajar dari 7 sekolah SMA dan SMK. Masing-masing regu beranggotakan 3 orang. Dari lomba tersebut, akan ditentukan 5 regu (dari tiap kategori, red) dengan nilai terbaik yang akan keluar sebagai juara,” Jelas Hangry.

Adapun LCC Darkum ini bagi dalam tiga babak, babak pertama adalah tanya jawab antara regu yang kedua babak bonus dan yang ketiga babak rebutan.

LCC Darkum dibuka dengan perkenalan diri masing-masing regu dan yel-yel yang Smart dan bernuansa hukum, yel-yel terbaik akan mendapatkan hadiah hiburan yang disediakan oleh panitia.

Sedangkan dewan juri yang memimpin cerdas cermat tersebut yakni Yames M. K. Therik, SH (Dinas PMD Rote Ndao)., Abdi Rahmansa, SH (Pengadilan Negeri Rote Ndao) dan Frengky M. Radja, SH (Kejaksaan Negeri Rote Ndao).

Untuk diketahui dari 13 regu yang berlomba, para pelajar dari SMK Negeri 1 Rote Barat berhasil merebut juara pertama dengan nilai 1190 dan akan mewakili Rote Ndao mengikuti kegiatan serupa tingkat Provinsi Nusa Tenggara Timur, para pelajar asal SMK Negeri 1 Rote Barat tersebut yakni Lusni Lenggu , Nelfi Lenggu dan Felsi Feoh. (*/r01)