Seekor Paus Terdampar di Pantai Nggodimeda

ROOL • Warga Desa Nggodimeda, Kecamatan Rote Tengah, kabupaten Rote Ndao digegerkan dengan paus yang terdampar di pantai sekitar lokasi Pembangkit Listrik Tenaga Mesin Gas (PLTMG) Nggodimeda, Rabu (20/9/2017) sore.

Informasi dari kepala desa Nggodimeda Yefta Lian kepada ROOL, paus yang diperkirakan sepanjang 4,60 meter itu ditemukan warga sekitar pukul 16.00 WITA. Mamalia raksasa itu ditemukan dalam keadaan bernyawa.

“ini paus masih bernafas, kondisinya lemah sekali, sudah kami siram air, tapi tidak bisa segar kembali, didorong ke laut juga tidak mau,” Kata Yefta.

Paus itu sontak menjadi tontotan warga. Warga dari beberapa desa tetangga pun berdatangan turut melihat langsung mamalia laut itu.

Belum diketahui secara pasti penyebab paus terdampar. Namun warga menduga paus itu terdampar karena terjebak saat memburu mangsanya ketika air pasang.

Begitu air surut paus tersebut tak bisa lagi kembali ke laut dalam.

Warga berharap, paus tersebut tetap hidup dan menunggu air laut pasang agar terbawa oleh ombak ke laut. Mereka khawatir jika paus tidak mampu bertahan dan mati tentu akan meningggalkan bau tak sedap jika tetap bertahan di bibir pantai. (*/r01)