Lanal Pulau Rote Gelar Baksos di Desa Papela, Berikan Bantuan Sembako dan Alat Keselamatan Nelayan

Rote Timur, ROOLNEWS.ID – Pangkalan Angkatan Laut (Lanal) Pulau Rote menggelar Bhakti Sosial (Baksos) di Desa Papela, Kecamatan Rote Timur, pada Kamis (7/3). Kegiatan ini meliputi pembersihan pantai, pengobatan gratis, pembagian sembako, dan pemberian alat keselamatan kepada nelayan.

Komandan Lanal Pulau Rote, Letkol Marinir Nikodemus Balla, mengatakan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk membantu masyarakat dan meningkatkan hubungan TNI AL dengan masyarakat.

“Ada bhakti sosial, yang bentuknya pengobatan gratis,” kata Niko.

Sebanyak 200 warga mendapatkan pelayanan pengobatan gratis dalam kegiatan ini. Selain itu, 40 anak balita mendapatkan susu penambah nutrisi. Lanal Pulau Rote juga membagikan 200 life jacket kepada nelayan untuk meningkatkan keselamatan mereka saat melaut.

Niko mengimbau kepada para nelayan agar tidak melaut melewati batas perairan laut. Hal ini untuk menghindari kejadian yang tidak diinginkan, seperti kecelakaan laut atau ditangkap oleh patroli negara lain.

“Kami sangat mendukung aktifitas nelayan untuk meningkatkan perekonomian keluarganya. Hanya saja, sangat diharapkannya untuk tidak melaut dengan melewati batas perairan laut,” ujar Niko.

Kegiatan Baksos ini disambut antusias oleh masyarakat Desa Papela. Mereka sangat terbantu dengan adanya kegiatan ini, terutama pengobatan gratis dan pembagian sembako.

Kegiatan Baksos ini merupakan salah satu wujud kepedulian TNI AL terhadap masyarakat di wilayah kerjanya. Lanal Pulau Rote berharap kegiatan ini dapat meningkatkan hubungan TNI AL dengan masyarakat dan membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat. (*/ms/editor: rn)