BNNK Rote Ndao Gelar Bimtek di Puskesmas Delha, Tingkatkan Layanan Rehabilitasi Narkoba

roolnews – Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) Rote Ndao menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Fasilitas Rehabilitasi di Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Puskesmas Delha, Rabu (22/11/2023) pagi.

Kegiatan ini merupakan bagian dari upaya peningkatan kualitas pelayanan rehabilitasi bagi pecandu dan korban penyalahgunaan narkoba.

Kegiatan Bimtek tersebut, dihadiri oleh Subkoordinator Rehabilitasi Reyza N. Johannis, S.KM, bersama timnya. Pertemuan ini juga melibatkan Kepala UPTD Puskesmas Delha, dr. Linda S. Menno, dan petugas rehabilitasi, dr. Felin A. Ndu Ufi.

Tujuan utama dari Bimtek ini adalah untuk mengevaluasi kesiapan Puskesmas Delha dalam menyediakan layanan rehabilitasi yang efektif.

Inisiatif ini muncul sebagai respons terhadap kebutuhan mendesak untuk membentuk sumber daya manusia yang profesional dan terlatih dalam proses rehabilitasi. Dengan meningkatnya kasus penyalahgunaan narkoba, layanan rehabilitasi yang berkualitas menjadi sangat penting.

Salah satu tantangan yang diidentifikasi adalah belum adanya pasien rehabilitasi yang datang ke UPTD Puskesmas Delha. Menanggapi hal ini, BNNK Rote Ndao menyarankan agar layanan rehabilitasi di Puskesmas Delha terus disosialisasikan kepada masyarakat.

Bimtek ini merupakan langkah awal dalam upaya memperkuat infrastruktur dan sumber daya manusia di bidang rehabilitasi narkoba di UPTD Puskesmas Delha. Kegiatan ini menandai komitmen serius dari pemerintah daerah dan BNNK Rote Ndao dalam mengatasi masalah narkoba melalui pendekatan rehabilitasi yang lebih efektif dan inklusif.

Dengan peningkatan mutu layanan rehabilitasi ini, diharapkan semakin banyak korban penyalahgunaan narkoba yang dapat diselamatkan dan dipulihkan, membawa dampak positif bagi masyarakat luas. (*)