Bupati Rote Ndao Canangkan BIAN Dalam Rangka Kejar 90 Persen Imunisasi Dasar Lengkap Anak

Bupati Paulina dan Wakil Bupati Stefanus, didampingi Kajari Budi Narsanto, Wakapolres Kompol I Nyoman Surya W, dan Pasiter Kodim 1627/Rote Ndao Kapten (Inf) Hariyanto, Asisten Pemerintahan dan Kesra Untung Harjito, Kadis Kesehatan Nelly F Riwu, foto bersama murid SDN 2 Ba'a usai imunisasi. Foto: Dok.Humas Pemkab Rote Ndao

ROOLNews • Dalam rangka mensuksekan Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN) sekaligus memenuhi target capaian 100 persen UCI atau 90 persen Imunisasi Dasar Lengkap, Pemkab Rote Ndao melaksanakan pencanangan BIAN 2022.

Kegiatan pencanangan dilaksanakan di aula pertemuan SD Negeri 2 Ba’a, Kelurahan Namodale, Kecamatan Lobalain, Sabtu (21/05/2022), dihadiri Bupati Rote Ndao Paulina Haning-Bullu, Wakil Bupati Stefanus M Saek, Kajari Rote Ndao Budi Narsanto, Wakapolres Kompol I Nyoman Surya W, dan Pasiter Kodim 1627/Rote Ndao Kapten (Inf) Hariyanto, Asisten Pemerintahan dan Kesra Untung Harjito, Kadis Kesehatan Nelly F Riwu, serta sejumlah pimpinan Perangkat Daerah.

Dalam sambutannya Bupati Paulina mengatakan, kegiatan imunisasi merupakan salah satu kegiatan prioritas dan bentuk nyata untuk menurunkan angka kematian pada anak.

Menurutnya, imunisasi juga memberikan kontribusi besar dalam meningkatan Human Development Index (HDI) terkait dengan angka umur harapan hidup karena dapat menghindari kematian yang tidak dinginkan.

Dikatakan Bupati Paulina, tahun ini Kementerian Kesehatan mentargetkan seluruh desa/kelurahan harus mencapai 100 persen UCI atau 90 persen dari seluruh bayi di desa/kelurahan memperoleh imunisasi dasar lengkap.

Untuk itu diharapkan komitmen semua stakeholders di Kabupaten Rote Ndao. Para camat, lurah, dan kepala desa harus menjalin koordinasi lintas sektor, lintas program, serta mitra terkait, agar BIAN dapat mencapai target yang ditentukan 95 persen.

Bupati Paulina mengharapkan kegiatan BIAN yang akan dilaksanakan pada bulan Mei sampai dengan Juni di Posyandu, Puskesmas, Sekolah dan tempat pelayanan kesehatan yang disediakan oleh Puskesmas, dapat menyasar anak dengan usia 9 bulan sampai dengan anak usia di bawah 12 tahun.

Pada bagian akhir sambutan Bupati Paulina mengajak orang tua untuk pastikan anak-anak mendapatkan imunisasi. Sementara untuk pelaksana imunisasi di fasilitas kesehatan untuk diberikan kekuatan dan kesehatan yang prima untuk melaksanakan kegiatan ini. Sehingga, BIAN di Rote Ndao berjalan sukses.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Rote Ndao Nelly F Riwu dalam laporan yang dibacakan Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Eden I Bell mengatakan, sasaran dan target BIAN Tahun 2022 di Kabupaten Rote Ndao adalah anak balita dan anak usia sekolah yang berusia 9 bulan s/d 12 tahun, yang ditetapkan oleh Kemeterian Kesehatan adalah berjumlah 31.506 orang.

“Target Imunisasi Campak Rubella yang harus dicapai di Rote Ndao adalah minimal 95 persen dari total sasaran 31.506 orang,” terangnya.

Ia juga menyampaikan bahwa Tujuan Umum kegiatan pencanangan ini dilakukan untuk memberikan informasi kepada masyarakat luas dengan melibatkan unsur pimpinan daerah, para pembuat keputusan, tokoh agama, tokoh masyarakat dan pihak lintas sektor terkait lainnya yang mendukung terlaksananya kegiatan Bulan Imunisasi Anak Nasional Tahun 2022 di Kabupaten Rote Ndao.

Tujuan Khususnya, kata dia, adalah sebagai upaya mencapai dan mempertahankan kekebalan populasi terhadap penyakit Campak, Rubella, Polio, Difteri, Pertusis, Tetanus, Hepatitis B, Pneumonia, dan Meningitis. (team)