Update Corona di Rote: Jumlah ODP Covid-19 Jadi Enam Orang

ROOLNEWS • Orang Dalam Pemantauan (ODP) Covid-19 mengalami peningkatan menjadi 6 orang hingga Selasa, 24 Maret 2020. Pada hari sebelumnya ODP berjumlah 5 orang.

Hal itu diungkapkan oleh Bupati Rote Ndao Paulina Haning-Bullu kepada ROOL, saat pembagian masker kepada pedagang dan pengunjung Pasar Metina, Kelurahan Metina, Selasa (24/3) siang.

Bupati mengatakan sesuai laporan Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Rote Ndao, penambahan satu ODP Covid-19 tersebut dipastikan setelah tim medis melakukan pemantauan terhadap sasaran sejumlah warga yang terdata sebelumnya.

“saat ini sudah enam orang yang ODP,” ujar Paulina.

Bupati Paulina menegaskan, masyarakat yang sudah ditetapkan ODP sudah dikarantina.

“ada enam ODP dan mereka sudah dikarantina,” katanya.

Dengan bertambahnya jumlah ODP tersebut, Bupati menghimbau kepada masyarakat agar tidak perlu panik karena pemerintah terus berupaya serius untuk menangani Covid-19 di Rote Ndao.

Bupati Paulina meminta masyarakat tetap melakukan pola hidup bersih dan sehat, serta mengikuti anjuran pemerintah yang merupakan cara efektif mencegah dan meminimalisasi penularan virus tersebut.

Sebelumnnya, Direktur RSUD Ba’a, dr. Widyanto P Adhy, M.Biomed, Sp.PD mengatakan ODP ini akan amati secara periodik sampai sembuh atau sampai lewat dari 14 hari masa pengamatan. Kondisi ODP terkait Covid-19, Adhy menegaskan dalam kondisi umum relatif stabil.

“ada gejala radang tenggorokan, kondisi umumnya relatif stabil,” Katanya. (*/rn)