Camat Lobalain Kembali Lantik Dua Penjabat Kades 

ROOL NEWS • Camat Lobalain Kabupaten Rote Ndao Pauwil J. J. Nggili, S.Sos,M.Si, melantik dua Penjabat Kepala Desa (Kades) di kecamatan Lobalain Kabupaten Rote Ndao  yakni Penjabat Kepala Desa Bebalain Imanuel Ndun dan Penjabat Kepala Desa Oelunggu Jonathan Tulle, SH., untuk masa waktu 2019-2020.

Pelantikan Dua Penjabat Kepala Desa tersebut berlangsung di Aula Kantor Camat Lobalain, Sabtu (14/12/2019) siang.

Hadir dalam kesempatan itu, para manaleo, tokoh masyarakat, tokoh agama dan tokoh pemuda dan masyarakat dua Desa Turut Menyaksikan prosesi pelantikan  kedua penjabat Desa tersebut.

Kapolsek Lobalain IPTU Daniel Koanak,Danramil 1627-01/Ba’a, Sekretaris Camat Lobalaian Nusry E. Zacharias, SE, para Kepala Desa Se- Lobalain, Pendamping Desa Lobalain Thobias Buraen.

Camat Lobalain  dalam sambutannya meminta agar Kedua Penjabat  Kepala Desa yang kembali dilantik menjadi kepala Desa agar mengevaluasi kembali kinerja yang telah diperbuat selama masa jabatan satu tahun sebelumnya.

“diangkatnya Saudara Berdua menjadi Kepala Desa adalah sebuah kepercayaan dari Pimpinan, untuk itu terus bekerja untuk rakyat, jangan berpuas diri dengan jabatan yang diberikan” Kata Pauwil.

Ia juga berharap  agar Kepala Desa memperhatikan masalah Dana Desa mengingat Saat ini sudah menjelang akhir tahun,  namun ada beberapa Desa yang belum tuntas melaksanakan program Dana Desa khususnya untuk kegiatan Tahap tiga yang hingga saat ini masih ada beberapa desa yang baru sementara melakukan pencairan tahap Tiga.

Ia berharap dengan menyelesaikan pekerjaan tahun 2019 akan mempermuda kepala desa untuk pelaksanaan di tahun 2020.

Kepala Desa harus bekerja keras bersama dengan Perangkat untuk penagihan PBB, karena kinerja kepala desa salah satunya realisasi PBB. Selain penilaian pelaksanaan fisik, pihak kecamatan tugas Koordinator, oleh karena itu, maksimal  sebelum 31 Sesember PBB sudah ditagih semua.

“fungsikan RT, RW agar bisa menagih PBB dimasyarakat,” kata Pauwil.

Dua Penjabat Kepala Desa yang baru dilantik lagi, saya memberikan sebuah kata bijak jadi air putih walau tidak mewah tetapi berarti, pak desa harus tampil di desa walau tidak dapat tempat yang terhormat dan pujian, tetapi kita harus berarti bagi masyarakat.

Ia juga mengingatkan para PNS dan Pejabat bahwa ketika kita pensiun baru terukur, apakah masyarakat masih senyum dengan kita atau tidak. Oleh karena itu ketika menjadi penjabat harus mendengar keluhan masyarakat dengan hati dan telinga.

Ia Juga mengingatkan para kepala desa untuk kurangi janji,tetapi perbanyak kerja, dan harus berada bersama masyarakat memberikan motivasi dan penguatan bukan kerja sendiri-sendiri.

Untuk itu Camat meminta agar Masyarakat berperan aktif dalam pembangunan di Desa sehingga target-target yang ingin dicapai bisa diselesaikan tepat pada waktunya.

Untuk Tahun Anggaran 2020 mendatang,Camat Nggili meminta agar para kepala Desa tidak hanya fokus pada pembangunan Fisik tetapi juga harus memperhatikan soal Pemberdayaan masyarakat sehingga ekonomi masyarakat Desa bisa ditingkatkan dengan adanya dana pemberdayaan tersebut

Pantauan media ini Ny. Sofa Solianti Ngilli-Luik, S.Pd juga turut melantik Ketua PKK Desa Oelunggu Ela Tulle dan Desa Bebalain Asnadi Ndun untuk periode 2019-2020. (*/idf)